Rabu, 20 Agustus 2014

Sedikit Tentang Himafar Unisba


Halo Farmasis! Udah pada kenal belum sama Himafar Unisba? Buat yang belum kenal, sekarang kita telusuri sedikit seluk beluk Himafar kayak apa dengan  kenalan sama bidang garapan Himpunan Mahasiswa Farmasi a.k.a Himafar Unisba. Let's chek it out!

TM atau Team Management. Buat yang sering ikutan organisasi pasti udah tau dong TM itu apa. Singkatnya, TM ini merupakan bagian utama dari sebuah organisasi yang diisi oleh Ketua Himpunan, Sekretaris Umum, dan Bendahara Umum. Namanya juga "Team Management", ketiga posisi ini bertanggung jawab dalam mengatur pelaksanaan program-program kerja Himafar dimana Ketua sebagai koordinator utama, Sekretaris pada bidang administrasi, dan Bendahara pada keuangan.

Selanjutnya ada bidang Kewirausahaan. Dari namanya mungkin udah sedikit ketebak apa aja sih yang dikerjain sama bidang ini. Yap, Wirus membantu Bendahara Umum mengelola keuangan Himafar dengan melakukan kegiatan wirausaha dalam Himafar, yang sebagian dari program kerjanya membantu memenuhi kebutuhan perkuliahan temen-temen Farmasi Unisba. Jadi kalau ada yang butuh jas lab atau beberapa alat lab, kalkulator, serta buku-buku perkuliahan bisa menghubungi bidang ini.

Terus ada bidang Pembinaan Aparatur Organisasi yang lebih sering disebut bidang PAO. Bidang ini membina anggota Himafar yang membantu Ketua Himpunan dalam mengarahkan, mempersiapkan, dan mengevaluasi segala hal yang berhubungan dengan Himafar. Membentuk penerus baru dengan mengadakan kegiatan pelatihan keorganisasian serta melatih kedisiplinan anggota dengan membuat beberapa peraturan merupakan sebagian tugas dari PAO.

Buat yang butuh materi-materi perkuliahan, pengen minta diajarin ini itu yang berhubungan sama Farmasi, semua disediakan sama bidang Keilmuan dan Profetik buat temen-temen Farmasi Unisba. Bidang ini juga siap menyediakan info-info untuk menambah pemahaman mengenai profesi kefarmasian beserta kode etiknya. Pembuatan produk serta pelatihan design kemasan produk merupakan bagian dari program kerja bidang Profetik.

Lalu bidang Rohani Islam. Pasti udah pada tau kan, apa sih yang dikerjain sama Rohis ini? Yak, buat yang suka sama kegiatan keagamaan serta pengen nambah ilmu tentang Islam, bidang ini yang akan menjadi penyelenggaranya. Karena Himafar di bawah Universitas berlandaskan Islam, jadi  Rohis sebagai bidang menunjukkan sisi Islam dari Himafar. Kegiatannya tidak hanya diselenggarakan untuk internal Himafar, tapi juga melibatkan eksternal Himafar.

Bidang Hubungan Masyarakat atau yang sering disebut bidang Humas sebagai salah satu bidang yang memperkenalkan Himafar secara khusus kepada temen-temen Farmasi Unisba. Selain itu, menjalin hubungan baik antar anggota Himafar, lalu dengan masyarakat Farmasi Unisba, serta organisasi Mahasiswa Farmasi pada instansi Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia dengan mengadakan kegiatan yang mempererat silaturahminya.

Mau cari info tentang Kesehatan dan Kefarmasian? Atau info tentang Farmasi Unisba? Atau info tentang kegiatan-kegiatan Himafar? Bidang Media Informasi atau Medinfo bakal kasih semuanya buat semua temen-temen Farmasi, terutama di Unisba. Kalian bisa mengunjungi semua media sosial milik Himafar, seperti Blog, Facebook, atau Twitter. Selain itu bidang ini juga bekerjasama dengan bidang Humas, memperkenalkan Himafar Unisba pada masyarakat luas.

Yang terakhir, bidang Jaringan yang juga bekerjasama dengan bidang Humas untuk memperkenalkan Himafar Unisba dan menjalin hubungan baik, khususnya dengan organisasi mahasiswa kesehatan di seluruh Indonesia. Saat ini, Himafar Unisba terdaftar sebagai anggota dari Jaringan Mahasiswa Kesehatan Indonesia (JMKI). Selain itu, bidang ini sebagai sarana Himafar melakukan kegiatan-kegiatan social di bidang kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar